Jelly Bean - Sekilas Tentang Android 4.1

Pada konferensi I/O nya, Google baru-baru ini mengumumkan update terbaru sistem operasi Android yaitu versi 4.1 dengan nama Jelly Bean. Yang pertama dapat menikmati Jelly Bean adalah Galaxy Nexus dan Nexus S. Dalam versi ini dapat ditemui berbagai pengembangan dan perbaikan seperti untuk fungsi pencarian, notifikasi, dan navigasi.

Dengan Jelly Bean pengguna dapat memanfaatkan Google Search dengan lebih baik, mendapatkan keuntungan dari penggunaan Google Knowledge Graph dengan voice search (pencarian dengan suara) dan mendapatkan jawabannya melalui suara juga. Sama halnya dengan Siri, tetapi pengguna juga dapat langsung mengakses Google search beserta hasil pencariannya. Selain itu terdapat juga Google Now, fitur baru ini mungkin mirip dengan asisten pribadi. Google Now dapat membantu pengguna misalnya memberikan alternatif jalan yang bisa dilalui jika kita terjebak kemacetan atau lalu-lintas padat, juga dapat memberitahu pengguna berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Dengan berdasar lokasi pengguna, fitur ini juga bisa menunjukkan restoran terdekat atau tempat-tempat yang mungkin sebaiknya dikunjungi, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh Google Now.

Untuk layanan voice speech recognition (pengenalan suara) sekarang dapat digunakan walau pengguna sedang offline atau tidak erhubung ke internet. Voice speech recognition adalah layanan dimana pengguna dapat mendikte pesan dan device akan menuliskannya. Layanan notifikasi (pemberitahuan) juga disempurnakan sehingga pengguna dapat melihat email, mengatur aplikasi musik, menelpon balik, dan lain-lain langsung di panel notifikasi.

Untuk performance, Jelly Bean menyediakan upgrade seperti system frame rate yang lebih baik, triple buffering, dan membuat semuanya bekerja dalam lock-step untuk vsync, sehingga render gambar dan animasi menjadi lebih halus dan lebih cepat. Perbaikan lainnya yang terdapat di versi 4.1 ini antara lain adalah kemampuan untuk mentransfer video dan foto antar perangkat yagn menggunakan Android Beam dan Bluetooth, aksesibilitas yang lebih baik untuk gesture, dan juga dukungan teks dua arah untuk bahasa-bahasa yang hurufnya dibaca dari kanan ke kiri.

gambar dari: knowyourmobile.com

Komentar

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Android', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6998/1/Semnasteknomedia2013-wahyu.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FotoSketcher Portable : Mengubah Foto Menjadi Karya Seni

Samsung Galaxy S4 Di Pecundangi Lenovo Ideaphone K900

Patungan Membeli Game di Lynx2Games.com